Senin, 19 April 2010

Tips Agar Cepat Mendapat Momongan

Mempunyai keturunan adalah dambaan setiap pasangan suami istri. Rasanya belum lengkap kebahagiaan keluarga tanpa hadirnya buah hati yang akan memeriahkan rumah dengan riang canda ataupun tangis sang anak. Namun tak sedikit pasangan suami istri yang telah lama menikah namun belum diberi kepercayaan oleh Alloh untuk menpunyai anak.

Berbagai cara dilakukan untuk segera mendapat momomgan. Dibawah ini beberapa tips agar cepat terjadi kehamilan :


Beberapa Tips:

- Waktu terbaik untuk konsepsi

Penting untuk mengetahui kapan saat terbaik untuk terjadinya pembuahan pada seorang wanita. Waktu terbaik untuk konsepsi atau pembuahan adalah saat masa subur atau ovulasi dari seorang wanita.

Yang perlu diperhatikan bahwa telur yang matang hanya hidup 24 jam sedangkan sperma hidup 48-72 jam dalam tubuh wanita. Oleh karenanya, melakukan hubungan seks sebelum saat ovulasi lebih baik untuk meningkatkan kehamilan daripada sehari atau dua hari sesudahnya.


- Frekuensi hubungan seksual

Frekuensi atau seberapa sering untuk melakukan hubungan seksual, ini semua tergantung dari setiap pasangan. Tidak ada angka khusus yang dapat memastikan berapa kali seseorang harus melakukan seks untuk dapat hamil. Ada wanita yang hamil hanya dengan satu kali saja tapi yang lain memerlukan waktu yang lebih lama. Yang terpenting "seberapa sering" anda melakukan hubungan seksual pada " waktu yang terbaik untuk konsepsi".

- Nikmati proses hubungan seksual anda.

Penelitian menunjukkan bahwa ketika seorang wantia mencapai orgasme, akan membentuk suasana alkaline (basa) pada vagina yang mana sperma sukai dariapda kondisi normal vagina (suasana asam). Jika anda mencapai orgasme pada saat yang bersamaan atau sesaat sesudah pasangan anda ejakulasi maka kesempatan sperma untuk selamat sampai di servik lebih meningkat.

- Posisi hubungan seksual.

Posisi seks yang dianjurkan untuk meningkatkan kemungkinan terjadinya kehamilan adalah pria diatas (man on top).

- Relaks

Cobalah untuk tetap rileks dalam menghadapi hal ini bersama pasangan karena Stress hanya akan mempersulit terjadinya konsepsi.

- Jaga kesehatan anda.

Menjaga kesehatan adalah hal dasar yang penting. Pastikan tubuh anda cukup nutrisi. Ingat bahwa wanita yang sehat akan lebih mudah hamil daripada yang mempunyai berat badan yang berlebihan atau kurang.


Dan bila anda sudah mencoba melakukan hal ini selama 1 tahun dan tidak melakukan KB namun belum hamil juga, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter anda untuk mendapatkan penanganan yang terbaik.

Selain tips diatas, sangatlah penting juga menjaga kesuburan. Kesuburan adalah tingkat peluang untuk mendapatkan anak. Pasangan yang subur memiliki peluang memiliki anak tinggi. Pasangan dikatakan tidak subur (infertil) bila setelah setahun usia perkawinan, sang istri masih belum juga hamil meskipun tidak melakukan KB.

Ketidaksuburan disebabkan baik oleh sisi suami, sisi istri maupun keduanya. Namun, kali ini yang akan kita fokuskan pada cara penambahan kesuburan dari sisi istri.

1. Jaga Berat Badancara

Terlalu gemuk/kurus dapat menimbulkan gangguan proses ovulasi. Menurut penelitian, wanita membutuhkan berat badan dengan kandungan lemak 17-21 % agar dapat ovulasi secara teratur. Wanita kurus atau kegemukan yang siklus haidnya tidak teratur dapat menjadi lebih teratur dan subur dengan memperbaiki berat badan.

2. Pilih Makanan Organik

Berbagai studi menunjukkan pengaruh negatif insektisida dan pestisida terhadap hormon progesteron. Progesteron adalah hormon yang berfungsi menumbuhkan dan mematangkan sel telur serta menyiapkan dinding rahim bagi kehamilan. Tanpa progesteron, tidak mungkin terjadi kehamilan.
Riset menunjukkan bahwa buaya wanita yang hidup di rawa yang terpolusi DDT memiliki bentuk telur yang rusak dan bermutasi. Meskipun DDT sudah dilarang di Indonesia, buah-buahan impor yang kini membanjiri pasar bukan tidak mungkin mengandung DDT yang berbahaya tersebut. Sejenis estrogen yang disebut xenoestrogen juga terdapat pada beberapa pestisida dan dapat mengganggu keseimbangan hormon wanita.

3. Perbaiki Pola Makan

Kekurangan sejumlah vitamin dan mineral akan mengurangi kesuburan. Vitamin C, E dan B kompleks (terutama B6) sangat penting bagi pembentukan dan pengaturan kerja hormonal.? Perbanyak makan buah-buahan dan sayuran? yang kaya vitamin dan mineral serta biji-bijan yang mengandung lemak esensial seperti kedelai, kecambah dan kacang tanah.
Makanlah dengan pola makan seimbang dalam komposisi protein, karbohidrat dan lemaknya. Makanan yang tidak seimbang, misalnya terlalu banyak lemak, akan mengganggu keseimbangan hormonal tubuh.

4. Kurangi Stress

Kurangilah beban pikiran yang menimbulkan stress dengan memperbanyak rekreasi, istirahat dan berolah raga. Stress dapat membuat ketidakseimbangan hormonal dalam tubuh sehingga menyulitkan ovulasi.

5. Minum Suplemen/Jamu

Beberapa jenis suplemen/jamu dipercaya dapat meningkatkan kesuburan. Sebagian orang Jawa percaya bahwa kunyit dan asam dapat memperbaiki kerja organ reproduksi wanita. Madu dan bee polen juga diyakini berisi berbagai zat yang bermanfaat bagi kesuburan wanita. Orang Cina memiliki ramuan akar Dong? Quai (Ginseng Wanita) yang menguatkan rahim dan melancarkan kerja hormon.
Namun, hati-hati bila mengkonsumsi jamu tradisional, karena seringkali pemrosesannya tidak higienis sehingga mengandung aflatoksin (racun dari jamur tepung yang dapat menyebabkan gangguan fungsi hati/kanker hati).

**Ada sahabat nabi, Abdullah bin Salam bertanya kepada Rasulullah..

"Wahai Muhammad! Saya akan menanyakan 3 hal kepadamu yang tidak mengetahui jawabannya kecuali seorang nabi: apa penanda pertama tibanya hari kiamat; makanan apa yang pertama kali dinikmati penghuni surga; dan mengapa seorang anak mirip ayahnya atau dengan ibunya?"
"Wahai saudaraku! Penanda pertama akan terjadinya hari kiamat adalah api yang menggiring manusia dari timur ke barat. Sedangkan makanan yang bakal dinikmati penghuni surga adalah cuping hati ikan. Dan, kemiripan seorang anak adalah sebagai berikut: Apabila seorang suami menggauli istrinya dan kemudian dia mencapai orgasme mendahului istriny, maka anaknya akan mirip dengannya. Begitupun sebaliknya."

Begitulah katanya...

Tanda-tanda kehamilan ada yang pasti dan ada yang tidak pasti.

Tanda TIDAK PASTI KEHAMILAN (HARUS DICURIGAI HAMIL) jika seorang wanita USIA REPRODUKSI mengalami:

  1. Terlambat haid/tidak dapat haid
  2. Mual-muntah
  3. Payudara menjadi besar dan tegang
  4. Sering buang air kecil tanpa rasa sakit
  5. Konstipasi (frekuensi buang air besar menjadi jarang)
  6. Terdapat tanda kehitaman pada wajah (pipi dan hidung) atau disebut kloasma gravidarum
  7. Test urin untuk kehamilan positif

Tanda PASTI KEHAMILAN:

  1. Ditemukannya gambaran kantong kehamilan pada rongga rahim melalui pemeriksaan USG
  2. Perut membesar dan dapat diraba bagian-bagian janin dengan jelas
  3. Terdengar bunyi jantung janin
  4. Terlihat gambaran janin dan denyut jantung janin pada pemeriksaan USG
INFO :

*
- Buat para suami

Para suami sebaiknya menghindari memakai celana yang terlalu ketat atau mandi air hangat, hal ini akan menurunkan kemungkinan kehamilan karena proses penekanan atau panas didaerah testis (pembentuk sperma).

*
- Jangan Banyak Bergerak Setelah Seks?

Tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa setelah hubungan seksual dengan tidak bergerak dan tetap dalam posisi tidur dengan kaki atau pinggul lebih tinggi setelah seks akan meningkatkan kesuburan. Karena sebenarnya sperma sudah berada di dalam servik sesaat setelah ejakulasi.
Tapi ada ahli yang tetap menganjurkan untuk memberi waktu sejenak untuk sperma berenang ke servik dan menganjal pinggul dengan sebuah bantal selama seks.
Yang terpenting juga sewaktu anda membersihkan, hindari mengunakan cairan pembersih vagina sesaat setelah hubungan seksual, karena cairan pembersih vagina dapat bersifat toxic untuk sperma.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar